Berikut beberapa informasi penting tentang mata uang kripto dan implikasinya terhadap pajak Anda.

Bagaimana cryptocurrency didefinisikan
Untuk tujuan perpajakan, Kantor Pajak Australia (ATO) mendefinisikan cryptocurrency sebagai “aset digital di mana teknik enkripsi digunakan untuk mengatur pembuatan unit tambahan dan memverifikasi transaksi pada blockchain.” Ini termasuk Bitcoin, atau mata uang digital lainnya yang karakteristiknya mirip dengan Bitcoin.

ATO mengatakan mata uang kripto—termasuk Bitcoin—bukan mata uang Australia dan bukan mata uang asing.

Bagaimana mata uang kripto dikenakan wiraswasta dan pajak
Anda dapat dikenakan pajak atas keuntungan Anda saat menukar mata uang kripto dengan mata uang lain, mata uang kripto lain, atau untuk membeli barang atau jasa. Jika digunakan dalam kegiatan bisnis atau profesional, dapat dikenakan pajak sebagai penghasilan. Misalnya, perdagangan atau penambangan mata uang kripto profesional, menjalankan bisnis terkait mata uang kripto, atau menjalankan bisnis menggunakan transaksi mata uang kripto, semuanya dihitung sebagai pendapatan.

Jika mata uang kripto digunakan dengan cara lain—seperti untuk santai atau sebagai hobi—mata uang kripto tersebut dapat dikenakan pajak sebagai investasi dan dikenakan pajak keuntungan modal.

Anda tidak akan mendapatkan keuntungan modal sampai Anda menukarkan atau melepaskan kepemilikan mata uang kripto Anda. Transaksi yang umum meliputi:

Menjual mata uang kripto
Memberi hadiah mata uang kripto
Memperdagangkan atau menukar mata uang kripto dengan mata uang kripto atau mata uang fiat lainnya
Mengubah mata uang kripto menjadi mata uang fiat
Menukar mata uang kripto untuk membeli barang atau jasa
Keuntungan modal pada salah satu transaksi di atas, akan dikenakan pajak atas sebagian atau seluruh keuntungan. Jika Anda memegang mata uang kripto selama lebih dari setahun sebelum menukar, menjual, atau memperdagangkannya, Anda mungkin menerima diskon pajak keuntungan modal sebesar 50%. Jika Anda mengalami kerugian pada bursa mata uang kripto, Anda dapat menggunakannya untuk mengurangi keuntungan modal pada tahun itu atau tahun-tahun mendatang.

Cryptocurrency yang diperoleh atau disimpan sebagai investasi mungkin dikenakan pajak keuntungan modal. Alasan Anda membeli atau menyimpan mata uang kripto sama pentingnya dengan alasan menukarkannya. Meskipun Anda menggunakannya untuk pembelian pribadi, jika Anda memperolehnya sebagai investasi, Anda harus melaporkannya dan hal tersebut dapat dikenakan Kursus Brevet Pajak Murah sebagai keuntungan modal.

Menyimpan catatan yang benar
Apa pun alasan Anda membeli, menyimpan, atau menggunakan mata uang kripto, penting bagi Anda untuk menyimpan catatan yang tepat dan terperinci atas semua transaksi mata uang kripto. Ini berarti mencatat tanggal setiap transaksi, nilai mata uang kripto dalam dolar Australia pada saat transaksi, tujuan transaksi, dan detail pihak lain.

Simpan semua tanda terima transaksi apa pun termasuk mata uang kripto dan catatan semua biaya yang terkait dengan transaksi tersebut.

Pikiran Terakhir
Jika Anda pernah terlibat dalam transaksi mata uang kripto dalam satu tahun terakhir, penting bagi Anda untuk menyimpan catatan yang benar dan melaporkan transaksi tersebut ke ATO. Meskipun banyak orang berpikir bahwa mereka tidak perlu membayar pajak atas mata uang kripto seperti Bitcoin, ATO memandangnya sebagai pendapatan atau investasi dan hal tersebut dapat memengaruhi pajak Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *